Sabtu, 08 Januari 2011

MANAJEMEN SUMBER INFORMASI (IRM)

Definisi

IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan & manajemen.


Tipe-tipe dari sumber informasi :

Informasi umum, informasi dari para spesialis, para pemakai, fasilitas-fasilitas, database, software, hardware.


Informasi sebagai sumber strategis

Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif.
Caranya : Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya.
Arus Informasi antara perusahaan dan pelanggan :

- Informasi yang menerangkan kebutuhan produk

- Informasi yang menerangkan penggunaan produk

- Informasi yang menerangkan kepuasan produk


Keuntungan kompetitif dicapai apabila :

Terjalinnya hubungan yang baik antara elemen-elemen

Diperlukan arus informasi dengan semua elemen-elemen lingkungannya

Pentingnya efisiensi operasi internal


IOS (Interorganizational Information System)

IOS merupakan sistem informasi yang digunakan oleh lebih dari satu perusahaan

IOS fasilitator bertugas : menunjukkan para peserta bahwa dengan bekerja dalam sistem tsb mereka akan memperoleh keuntungan kompetitif.

CIO (Chief Information Officer)

Kepala bagian Informasi turut berperan dalam pembuatan keputusan penting dalam perusahaan & memberi laporan langsung ke eksekutif.
Sebutan lain dari CIO : Direktur SIM, Vice President SIM Tugas CIO :
- Mempelajari bisnis & teknologinya

- Menjalin kemitraan dengan unit bisnis & manajemen

- Fokus memperbaiki proses bisnis dasar

- Memperkirakan biaya sistem informasi dalam bisnis

- Membangun kredibilitas dengan mengirim service yang terpecaya.



SPIR ( Strategic Planning for Information Resources)

Perencanaan strategic merupakan perencanaan yang paling memerlukan perhatian. Karena memerlukan perkiraan yang matang untuk dapat mencapai tujuan organisasi pada masa sekarang dan akan datang.
Gagasan utama dari SPIR adalah adanya hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan sumber-sumber informasi. Sumber-sumber informasi harus digunakan untuk pencapaian tujuan.
Perencanaan yang digunakan Top Down :

Langkah pertama adalah menentukan tujuan organisasi kemudian direncanakan aktifitas setiap unit perusahaan.
Pendekatan-pendekatan Top Down :

1. BSP IBM (Business System Planning)

Pendekatan studi total

Setiap manajer diinterview untuk menentukan kebutuhan informasi, kemudian sistem diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan informasi.
2. CSF (Critical Success Factor)

Perencanaan sumber informasi dengan mengidentifikasi kunci keberhasilan yang nenentukan keberhasilan dan kegagalan
3. Transformasi susunan strategis

Misi, Tujuan, strategi dari perusahaan merupakan dasar tujuan, batasan, strategi perencanaan sistem.
Proses pentransformasian dari susunan strategi organisasi menjadi susunan strategi SIM dinamakan proses perencanaan strategi SIM
Strategi Organisasi Strategi SIM



SUMBER :
http://parno.staff.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apa??

??