Jumat, 07 Januari 2011

PENGANTAR SYSTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER #3

Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen (SIM) menyajikan informasi untuk mendukung operasional dan fungsi pengambilan keputusan manajemen dengan mempertimbangkan informasi apa, untuk siapa dan kapan harus disajikan.

Sistem informasi menajemen terdiri dari subsistem yaitu :
 Sistem Informasi Akuntansi
 Sistem Informasi Personalia
 Sistem Informasi Pemasaran
 Sistem Informasi Pembelian
 Sistem Informasi Persediaan
 Sistem Informasi Distribusi

Sistem Informasi Bisnis

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sistem informasi bisnis (SIB) akan kita lihat terlebih dahulu definisi dari :
 Manajemen: 1. Adalah suatu proses penggunaan suber daya secara efisien dan efektif untuk mencapai sasaran.
2. Pejabat\orang yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan atau oraganisasi.
 Bisnis Suatu kegiatan (badan atau perorangan) memasarkan produk atau jasa dengan tujuan memperoleh laba atau secara singkat disebut juga jual beli.

Walaupun inti dari bisnis yaitu jual beli, dalam pelaksanaannya suatu bisnis harus berhadapan dengan industri yang sejenis, berhadapan dengan pemasok, pelanggan, barang substitusi dan calon pesaing baru. Selain itu, lingkungan luar seperti peraturan pemerintah, pasar modal, serikat buruh, lembaga keuangan, peraturan perpajakan, bursa tenaga kerja, dan demografi sangat mempengaruhi suatu bisnis.

Pada umumnya topic-topik yang membahas Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Bisnis menekankan pada pembahasan sistem informasi penjualan, akuntansi, personalia dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa sistem informasi menajemen dan sistem informasi bisnis adalah sama, karena seorang manajer pada dasarnya menjalankan suatu bisnis.
Namun ada beberapa yang berbeda yaitu :

 Sumber data SIB lebih dominant bersumber dari luar organisasi, sedangkan SIM dari transaksi harian organisasi.
 SIB lebih dominant digunakan oleh investor dan SIM lebih ditujukan untukmanajemen agar dapat bekerja secara efisien dan efektif.
Sebagai contoh, jika Anda akan memulai suatu usaha/bisnis “komputer”, tentu Anda lebih membutuhkan informasi mengenai bisnis computer dan bukan informasi manajemen. Informasi bisnis yang Anda butuhkan berkaitan dengan Pada gambar yaitu informasi tentang industri komputer (apakah telah jenuh), informasi tentangan memasuki industri tersebut (apakah padat karya,modal atau teknologi), pemasok computer (kekuatan tawar menawar), pelanggan (perkembangannya, pangsa pasar, kekuatan tawar menawar). Informasi lingkungan luar yang harus Anda peroleh seperti peratutan pemerintah yang berkaiatan dengan bisnis tersebut, dukungan lembaga keuangan untuk bisnis tersebut (apakah tersedia kredit untuk pelanggan) dan sebagainya.
 SIB dapat diperoleh dari hasil penelitian, membeli dan pusat data statistic dan dari informasi-informasi lainnya.
 SIM dalam menyajikan informasi penjualan berkaitan dengan target yang dicapai, perbandingan dengan anggaran, gambaran trend penjualan, sedangkan SIB lebih menekankan pada berapa persen pangsa pasar yang dikuasai oleh perusahaan, berapa persen lagi yang dapat dikuasai. Bagaimana strategi dalam meningkatkan pangsa pasar.
 Dari tingkatannya SIM merupakan bagian dari SIB, sedangkan SIA (Sistem Informasi Akuntansi) merupakan bagian dari SIM.

Sistem Analisa dan Desain.

Berhubungan dengan proses analisa dan desain sistem informasi yang terdiri dari hardware. Software, data , prosedur dan manusia.

Sistem analis dan desain dapat dipandang dari dua kegiatan utama yaitu :
 Sistem analis adalah suatu proses utnuk memahami sistem yang ada, termasuk mendiagnosa masalah/inefisiensi dan memberikan solusi penyelesaian.
 Sistem desain yaitu suatu proses mencakup perencanaan desain dan implementasi sistem yang baru.

Sistem analis sebagai karier sering juga disebut Software Engineer, Sistem Analyst Programmer, Information Sistem Engineer atau Sistem Engineer.

Pengetahuan yang harus dimiliki seorang sistem analis antara lain :
 Pemahaman terhadap teknologi informatika (hardware dan software).
 Pemahaman terhadap bisnis secara umum.
 Keahlian dalam pemechan masalah.

 Keahlian dalam komunikasi antarpersonel.
 Memahami metodologi pengembangan sistem informasi.


SUMBER :
www.smecda.com
www.yoyoke.web.ugm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apa??

??